Mengenal Bahan Sticker Oracal dan Kegunaannya

cuttingstickerupdate - Oracal adalah bahan sticker berkualitas asli buatan Jerman. Di Indonesia, bahan vinyl ini paling banyak dipakai khususnya untuk mereka yang menerima jasa wrapping (bungkus) kendaraan.

Kelebihannya pada kelenturan bahan saat dipanaskan dengan heatgun serta ketahanan warnanya. Yuk kita kupas (buah kalee hehe) seri seri Oracal sesuai penggunaannya agar teman teman tidak salah pilih. Semua demi satu tujuan: kepuasan konsumen.

jenis oracal


Seri 651

Merupakan bahan sticker Oracal kelas menengah (Intermediate Cal). Ada dua jenis yaitu gloss dan matt (doff). Biasa diaplikasikan untuk cutting sticker, wrapping kendaraan, pembuatan huruf pada papan nama dan sejenisnya.

Saya sendiri menggunakan jenis untuk untuk lapisan dasar pembuatan cutting sticker tumpuk karena konsumen biasanya ingin jika suatu saat stickernya akan dikelupas dan diganti desain baru tak akan kesulitan melepasnya. Jika lapisan bawah menggunakan scothclite (reflective) residu atau lem sisa akan menempel dan sulit melepaskannya.

Sebenarnya pabrikannya di Jerman juga mengeluarkan seri 621 yang dikategorikan Economy Cal. Namun sepertinya yang seri ini jarang ditemukan di Indonesia. Orang lebih familiar dengan Seri 651.

Nah, di bawah ini saya sertakan juga link ke sejumlah toko online penjual bahan Oracal 651 per rol atau gulung. Untuk kalian ketahui, per rol Oracal ukuran lebarnya 162 centimeter x 50 meter. Harga yang tercantum di link di bawah ini untuk semua warna selain emas, perak dan tembaga.

Link belanja yang saya cantumkan harganya masih terjangkau, lebih rendah daripada beberapa toko online lain. Langsung saja belanja dengan klik link berikut:


Seri 970

Hampir sama dengan 651 namun dengan kualitas yang lebih bagus, disebut dengan Premium Wrapping Cast. Dilihat dari namanya, ini sebenarnya jenis Oracal yang paling pas untuk wrapping kendaraan.

Harganya lebih mahal dibandingkan seri 651. Seri 970 biasa diminta oleh pelanggan untuk prestis. Mereka adalah pemilik kendaraan yang lumayan berkelas. Bahan ini memiliki sifat tidak merusak cat asli kendaraan.

Seri 6510

Adalah seri neon dari 651. Warnanya tidak sebanyak 651. Bedanya dengan seri 651 adalah pada bagian belakang bahan stickernya. Jika pada Oracal 651 pada bagian belakang bahan yang berperekat sama dengan warna depan, sementara 6510 warnanya tidak padat menyeluruh.

Seri 631

Seri 631 (exhibition cal) untuk penggunaan dinding ruangan yang akan bisa dikelupas meski usianya dua tahun. Tidak cocok untuk diaplikasikan pada bagian luar yang terkena panas secara langsung.

Juga cocok untuk melapisi barang barang yang ada dalam ruangan misalnya kotak tempat buku, rak, bingkai foto dan sebagainya. Namun jika memang ingin dipadukan, sticker untuk dindingnya bisa menggunakan seri 638 (wall art) matt. Misalnya untuk membuat wall sticker.

Seri 8300

Yang biasa berkecimpung dalam dunia advertising, tak ada salahnya mencoba Oracal seri 8300. Ia memiliki jenis transparan, bisa diaplikasikan di neonboks sehingga lampu yang dikeluarkan tidak terhalang sticker.

Seri 8500

Sticker oracal 8500 (translucent cal) hampir sama dengan oracal 8300 tetapi berbeda pada jenis kertasnya. Oracal 8300 berjenis transparan, sedangkan oracal 8500 berjenis translucent. Translucent (semi transparan) adalah kebalikan dari jenis scothlite.

Scothlite akan berpejar apabila mendapat sinar dari depan, sedangkan translucent akan bersinar (sesuai warna sticker tersebut) apabila disinari dari belakang. Tentu cocok untuk advertising.

Baca Juga:

Pembuat Cutting Sticker Jangan Pelit Pelit Amat

Cara Mengetahui Jenis Font yang Sudah di Bitmap di CorelDraw

Cara Setting Mesin Cutting Jinka Agar Presisi

Jika ingin kualitas yang lebih bagus dari Seri 8500, Anda bisa coba Seri 8800 yang oleh pembuatnya diberi label Translucent Premium Cast.

Semoga artikel tentang bahan sticker ini bermanfaat bagi semuanya... Amiin.

0 Response to "Mengenal Bahan Sticker Oracal dan Kegunaannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel